Wireless Laptop Tidak Befungsi

Minggu, 13 Maret 2011

Sebelumnya mohon maaf kepada pengunjung setia blog Belajar Ilmu Komputer karena sudah cukup lama saya tidak update artikel berhubung ada kegiatan yang sangat penting yaitu pembuatan skripsi sehingga semua kegiatan yang berhubungan dengan blogging sedikit terganggu, sehingga baru kali ini saya sempat menulis kembali. Tulisan ini juga terinspirasi dari salah seorang sobat yang mengalami masalah dengan koneksi wireless yang sebelumnya lancar-lancar saja tetapi sekarang untuk akses internet di cafe-cafe yang memberikan layanan internet ataupun layanan hotspot di restaurant tidak dapat dinikmati oleh sobat saya ini karena akses wirelessnya terganggu alias tidak bisa digunakan.

Akhir cerita laptopnya dibawa ke saya untuk diperbaiki agar wirelessnya bisa digunakan kembali seperti sediakala. Saya berusaha untuk melakukan installasi ulang terhadap driver wireless untuk laptopnya, perlu diketahui bahwa laptop yang mengalami gangguan koneksii wireless tersebut adalah laptop dengan merek byon hanya serinya saya lupa kalau tidak salah M39. Setelah proses installasi ulang driver laptop untuk wireless ternyata hasilnya sangat mengecewakan karena wireless tetap saja tidak berfungsi.



Akhirnya saya putuskan untuk membongkar lapto, pikir saya mungkin saja terjadi kerusakan pada hardware switch wireless (on/off). Setelah meneliti kemungkinan kerusakan pada hardware, ternyata pekerjaan saya membongkar laptop juga sia-sia karena switch wireless dalam keadaan baik-baik saja. Dimanakan letak kesalahannya sehingga menyebabkan akses wireless tidak bisa digunakan, akhirnya saya putuskan untuk memformat ulang harddisk dan installasi sistem operasi serta semua aplikasi termasuk driver dari awal.

Setelah installasi ulang windows dan installasi driver bawaan dari byon barulah fungsi wireless pada laptop byon bisa berfungsi normal kembali. Akhirnya usaha untuk memperbaiki laptop byon yang tadinya tidak bisa mengakses hotspot kini sudah bisa digunakan.

Tips dari BIK Pemula.

Didalam driver bawaan byon ada beberapa driver wireless berdasarkan type dari hardware yang terpasang pada laptop, sesuaikan drivernya dengan hardware yang ada karena apabila installai driver yang tidak sesuia dengan hardware maka kemungkinan setelah instalasi wireless tetap tidak bisa berfungsi. Untuk itu bacalah buku panduan dengan sebaik-baiknya sebelum memulai melakukan installasi ulang. Semoga bermanfaat.



Sumber by :http://belajar-ilmu-komputer.blogspot.com

0 komentar:

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan isi artikel yang terkait, No Spam!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...