Cara Belajar Yang Sederhana

Jumat, 18 Maret 2011


Cara belajar yang sederhana. Cara belajar yang jitu. Namun, cara belajar ini adalah cara belajar yang mengantarkan saya bisa masuk ke salah satu perguruan tinggi paling favorit di Indonesia. Perguruan tinggi itu adalah ITB.

Cara belajar ini bukan hanya bisa digunakan oleh Anda atau anak Anda yang masih sekolah. Bagi Anda yang sudah bekerja maupun bisnis, Anda bisa menggunakan teknik yang sama. Cara belajar yang sederhana dan jitu.

Motivasi Adalah Kuncinya 

Satu hal yang sering dilupakan.

Adalah ayah saya yang begitu pandai memberikan motivasi kepada saya. Ayah saya tidak pernah memaksa saya belajar atau sekolah, namun memberikan motivasi yang tinggi sehingga saya rajin sekolah.

Inilah kunci keberhasilan belajar yang pertama: motivasi. Sebelum Anda belajar teknik belajar, langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah meningkatkan motivasi Anda. Tanpa motivasi, secanggih apa pun teknik belajar Anda akan percuma. Sayangnya, justru inilah yang sering dilupakan oleh orang.

Bagaimana cara meningkatkan motivasi?

Motivasi adalah alasan, jadi untuk meningkatkan motivasi ialah Anda harus dengan jelas mengetahui alasan Anda belajar. Mengapa Anda harus belajar?

Jika Anda seorang siswa atau mahasiswa, belajar tentu saja untuk prestasi Anda. Setidaknya Anda bisa lulus ujian dan menjadi sarjana. Lebih bagus lagi jika Anda memiliki prestasi tinggi yang membanggakan.

Jika Anda seorang karyawan, belajar tetap sangat penting. Persaingan begitu ketat, banyak produk baru dan juga jasa baru yang bisa mempengaruhi perusahaan tempat Anda bekerja. Akan ada pekerjaan baru. Akan ada teknologi baru. Dan, semua yang baru akan menuntut kita belajar.

Sama hal dengan bisnis. Bisnis memerlukan ilmu dan keterampilan yang memadai. Kata siapa orang bodoh bisa bisnis? Seorang yang sukses bisnis itu adalah orang yang pintar, dia pintar mendapatkan produk terbaik, dia pintar memasarkan produknya, dan yang jelas dia pintar mencari uang. Terlepas, apakah dia belajar melalui jalur formal atau tidak.

Bagi Anda orang tua, Anda harus bisa memotivasi anak Anda agar mau belajar. Cara ayah saya memotivasi saya ialah dengan memberikan visualisasi masa depan. Pertama dibuat visualisasi orang-orang yang tidak berpendidikan. Bagaimana mana mereka hidup dan bagaimana mereka begitu sulitnya mencari nafkah.

Kemudian visualisasi dialihkan kepada orang-orang yang telah sukses berkat. Mereka orang yang berpendidikan seperti arsitek dan dokter. Karena kebetulan ayah saya bekerja pada sebuah perusahaan kontraktor bangunan rumah, maka visualisasi yang sering digambarkan adalah bos ayah saya yang seorang arsitek sukses.

Bimbingan belajar profesional memang bisa membantu anak untuk mendapatkan arahan belajar dengan baik. Namun memasukan anak ke bimbingan belajar bisa merupakan penghamburan biaya dan membuang-buang waktu anak jika tanpa motivasi yang memadai.

Jadi, langkah pertama keberhasilan belajar ialah motivasi.

Motivasi Islami 

Tingkatkan Motivasi Anda

Silahkan baca berbagai tip, artikel, ebook, dan audio tentang motivasi. Sudah banyak yang merasakan motivasi dari situs ini.

Konsentrasi adalah Cara Belajar Terbaik 

Menangkap ilmu hanya sekali dengar atau baca.

Ini adalah rahasia kedua saya, yaitu konsentrasi. Saya sebenarnya jarang belajar di rumahsaat masih sekolah. Saya hanya membuka buku jika ada PR atau tugas. Jika tidak, saya merasa hasil belajar di sekolah sudah cukup dan terus hafal. Rahasianya adalah saat gurusaya sedang menjelaskan, saya konsentrasi menyimak.

Konsentrasi meningkatkan daya ingat. Konsentrasi meningkatkan pemahaman. Sayangnya saya melihat banyak anak yang kehilangan konsentrasi saat belajar.

Saya pernah mengalami suatu kondisi dimana prestasi belajar saya terpuruk. Saat saya analisa, kesalahan saya saat itu adalah hilangnya konsentrasi. Saya coba mengembalikan konsentrasi dan keadaan pun berubah 180 derajat. Prestasi saya langsung menanjak kembali.

Anda maupun anak Anda perlu belajar konsentrasi. Ada banyak latihan yang bisa Anda lakukan untuk melatih konsentrasi Anda. Untuk melatih anak, ada baiknya dikonsultasikan dengan ahli kejiwaan anak. Namun untuk Anda sendiri, Anda bisa langsung melatih konsentrasi.

Konsentrasi itu pada dasarnya pikiran Anda tetap pada satu hal secara terus menerus. Nah Anda bisa melatih untuk melakukan hal ini, yaitu memfokuskan pikiran Anda pada suatu hal selama mungkin.

Berikut adalah teknik melatih konsentrasi yang bisa Anda praktekan.

Melatih Konsentrasi 

Berlatih Melihat Jarum Jam

Latihan ini sederhana, tapi sangat ampuh untuk melatih konsentrasi Anda.

Untuk latihan lain, Anda bisa membacanya pada modul 8 Revolusi Waktu.
  1. Siapkan sebuah jam dinding di hadapan Anda. Usahakan letaknya pada posisi yang membuat Anda nyaman melihatnya. Misalnya sejajar dengan kepala Anda.
  2. Silahkan duduk dengan rileks.
  3. Sekarang, perhatikan gerak jarum detik berdetak.
  4. Lakukan sampai beberapa menit. Jika Anda sudah bisa melakukannya setiap 15 menit, konsentrasi Anda sudah bagus.
  5. Tingkatkan kemampuan Anda dengan melihat jarum menit. Bisakah Anda melihat jarum menit bergerak. Jika Anda sudah bisa melihat gerakan jarum menit, artinya konsentrasi Anda sudah bagus.
  6. Mau coba lihat jarum penunjuk jam? Silahkan.

Penutup 

Motivasi dan Konsentrasi

Motivasi dan konsentrasi adalah modal awal untuk kemampuan belajar, baik untuk Anda sendiri maupun anak Anda. Setelah motivasi dan konsentrasi Anda kuasai, belajar menjadi lebih mudah lagi.

0 komentar:

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan isi artikel yang terkait, No Spam!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...