Apa itu ebay

Minggu, 24 Juli 2011

Ebay.com adalah pusat jual-beli dan lelang barang atau jasa online terbesar didunia, semua orang dari seluruh dunia dapat membeli atau menjual di ebay, karena banyaknya pengguna ebay sebanyak 200 juta orang pada juni 2006 (sama dengan populasi negara terbesar kelima didunia setelah indonesia 220 juta orang) anda dapat menemukan hampir barang atau jasa apapun di ebay seperti :
- Barang antik (Antiques)
- Karya seni (Art)
- Perlengkapan bayi (Baby)
- Buku (Books)
- Bisnis dan Indrustri (Business & Industrial)
- Kamera dan Pohto (Cameras & Photo)
- Mobil, perahu, kendaraan dan spare part (Cars, Boats, Vehicles & Parts)
- Handphone dan PDA (Cell Phones & PDAs)
- Pakaian, sepatu dan aksesoris (Clothing, Shoes & Accessories)
- Koin dan uang kertas (Coins & Paper Money)
- Koleksi (Collectibles)
- Komputer dan jaringan (Computers & Networking)
- Elektronik konsumen (Consumer Electronics)
- Kapal kecil (Crafts)
- Boneka (Dolls & Bears)
- DVD dan Film (DVDs & Movies)
- Kenangan hiburan (Entertainment Memorabilia)
- Kado (Gift Certificates)
- Kesehatan dan kecantikan (Health & Beauty)
- Rumah dan kebun (Home & Garden)
- Perhiasan dan jam tangan (Jewelry & Watches)
- Musik (Music)
- Alat musik (Musical Instruments)
- Barang pecah belah dan gelas (Pottery & Glass)
- Perumahan (Real Estate)
- Servis khusus suatu bidang (Specialty Services)
- Barang olahraga (Sporting Goods)
- Kenangan olahraga, kartu olahraga, toko fans (Sports Mem, Cards & Fan Shop)
- Perangko (Stamps)
- Tiket (Tickets)
- Mainan dan hobi (Toys & Hobbies)
- Perjalanan (Travel)
- Video Games
- Apa saja (Everything Else)
Cara pembayaran utama di ebay adalah dengan Paypal, karena lebih aman bagi pembeli maupun penjual, cocok untuk pembayaran lelang dan instan, alamat pengguna Paypal yang bertransaksi sudah diverifikasi oleh Paypal sehingga mengecilkan kemungkinan penipuan. Meskipun begitu ada juga penjual yang menerima pembayaran cara lain seperti egold, moneybooker, stormpay, western union, cek, transfer bank dll
Sejarah ebay
eBay didirikan pada 1995 oleh Pierre Omidyar sebagai AuctionWeb, bagian dari situs pribadi yang termasuk, tulisan sumbangan Omidyar terhadap virus Ebola. Awalnya situs ini dimiliki oleh Echo Bay Technology Group, firma konsultasi Omidyar. Omidyar telah mencoba mendaftar nama domain EchoBay.com namun nama itu telah dimiliki orang lain, jadi dia memendekkan namanya menjadi eBay.com. eBay bermarkas di San Jose, California, Meg Whitman telah menjadi presiden eBay dan CEO-nya sejak Maret 1998
Ebay menjadi yang terbesar sekarang karena berhasil memanfaatkan momentum sebagai yang pertama untuk mendapatkan user sebanyak-banyaknya. Awalnya itu dilakukan dengan menawarkan servisnya secara gratis. Setelah penggunanya mulai banyak, barulah eBay mulai menarik bayaran untuk listing fee.
Saat itu, beberapa kompetitor mulai muncul dan beberapa malah menawarkan listing fee gratis. Untungnya buat eBay, saat itu jumlah user situs web-nya sudah mencapai jumlah yang banyak.
Malah sewaktu raksasa Yahoo! membuka Yahoo! Auctions dan menawarkan listing fee secara gratis juga, eBay tidak terpengaruh. Beberapa pemakai eBay yang sempat tergoda tawaran Yahoo! dan beralih ke sana akhirnya
kembali ke pangkuan eBay karena yang pembeli tidak bisa menemukan penjual yang banyak; dan yang penjual tidak bisa menemukan pembeli yang banyak.
Di sini kita bisa melihat betapa berharganya network effect. Nilai dari jaringan eBay sudah membengkak sedemikian rupa sehingga walau eBay menaikkan
listing fee-nya pun, tidak banyak yang berpikir untuk pindah ke lain hati.
Lewat network effect ini, eBay berhasil menciptakan value yang besar (eksponensial bila dibanding dengan jumlah penggunanya), dan sekaligus mampu mendapatkan sebagian besar dari value tersebut.
Menariknya, Yahoo! yang belajar dari pengalaman tersebut berhasil membalikkan keadaan sewaktu masuk ke Jepang. Yahoo! masuk ke Jepang mendahului eBay dan itu lah pasar satu-satunya dimana eBay kalah bersaing dan akhirnya eBay memutuskan keluar dari Jepang.
Pentingnya network effect dalam industri online auction ini membuat eBay dan Yahoo! berusaha saling mendahului masuk ke pangsa pasar regional lainnya walau awalnya mereka harus merugi terlebih dahulu. (sumber: bjoconsulting.com) 

0 komentar:

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan isi artikel yang terkait, No Spam!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...