Cara Membuat Blog Menjadi Dofollow

Sabtu, 05 November 2011



Sebelum kita membuat dofollow alangkah lebih bagusnya kita mengetahui terlebih dahulu Apa sih DoFollow dan Nofollow itu?

DoFollow adalah istilah dalam Blog/Website yang jika kita memberikan komentar pada Blog tersebut maka Link yang kita masukan saat berkomentar itu akan dianggap sebagai Backlink oleh mesin pencari seperti Google. Blog doFollow ini biasanya banyak dicari oleh para pemburu Backlink untuk menaikkan Pagerank Blog mereka.

Sedangkan NoFollow adalah istilah dalam Blog/Website yang jika kita memberikan komentar pada Blog tersebut maka Link yang kita masukan saat berkomentar itu tidak dianggap sebagai Backlink oleh mesin pencari seperti Google. Namun tetap orang lain bisa berkunjung melalui link yang kita pasang dalam komentar. Pada awalnya (default), setiap blog disetting noFollow, maksudnya untuk mengurangi spam tapi bisa diubah menjadi doFollow.

Sebagai blogger, sobat jangan terlalu menekankan hal DoFollow adalah segalanya. Kebanyakan blogger lain jika posting hanya memperlihatkan kelebihan DoFollownya agar DoFollow semakin banyak dipakai. Nah, di bawah ini adalah perbedaan antara blog DoFollow dan NoFollow.

Keuntungan Dan Kerugian Blog DoFollow

  • Kelebihan Blog Dofollow:

  • Postingan kita biasanya akan lebih banyak diberi komentar, terlepas apakah postingannya berkualitas/bermanfaat atau tidak karena para pengunjung hanya ingin mendapatkan backlink secara cuma-cuma dari blog kita. Backlink ini nantinya akan membantu untuk menaikkan pagerank blog mereka. Tapi dalam beberapa kasus, tidak sedikit blog doFollow yang postingannya sepi komentar.







  • Blog kita akan sering dikunjungi terutama oleh para pemburu backlink. Walau dalam beberapa kasus, tidak sedikit blog doFollow yang sepi pengunjung.







  • Meningkatkan pageview walau Blog noFollow pun banyak yang pageview nya bagus walau sepi komentar.







  • Biasanya pemilik Blog doFollow akan dianggap sebagai orang yang ramah dan dermawan karena mau bagi-bagi backlink secara cuma-cuma. Walau untuk hal ini  masih perlu dipertanyakan. Tergantung dari dirinya masing-masing.






    • Kekurangan Blog Dofollow:

  • Pagerank blog kita bisa turun.







  • Tidak begitu disukai oleh Google karena memberikan link keluar yang banyak.







  • Rawan diserang spammer yang menginginkan backlink gratis. Biasanya mereka membuat komentar ala kadarnya yang penting mereka memasang link pada blog kita. Walaupun untuk hal ini tergantung pada sang komentator.







  • Akibatnya, jika terlalu banyak link keluar blog kita bisa dihapus dalam daftar mesin pencari atau minimal Google hanya mengindeks sebagian halaman blog kita. Tentu saja ini akan membuat pengunjung dari Google berkurang atau bahkan tidak ada. Dan tidak menutup kemungkinan pagerank blog kita pun malah turun.






  • Pemilik blog doFollow biasanya kurang interaktif (pasif) karena berprinsif, buat apa mengomentari komentator, buat apa berkunjung balik toh saya sudah berbaik hati dengan memberikan backlink cuma-cuma. Tapi tenang, tidak semuanya juga kok.






  • Jadi, buat para pencari blog dofollow jangan asal comment ya. Bacalah dulu artikel/tulisan teman kita tersebut. Kemudian tinggalkanlah respon anda dalam bentuk yang baik. Jangan terlalu mengharapkan DoFollow, yang paling mengerikan adalah ketika spam bermunculan. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web.

    Mari Kita Mulai Cara Membuat Blog Nofollow Menjadi Blog Dofollow


    1. Login ke akun blogger sobat.
    2. Pergi ke tab rancangan, lalu pilih edit html.
    3. Centang expand template widget, lalu cari kode berikut:

    <a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'><data:comment.author/></a> 


    4. Hapus kode yang berwarna merah di atas, sehingga kodenya akan menjadi seperti ini:

    <a expr:href='data:comment.authorUrl'><data:comment.author/></a> 


    5. Lalu cari kode berikut ini:

    <a expr:href='data:backlink.url' rel='nofollow'><data:backlink.title/></a> 


    6. Kemudian hapus kode yang berwarna merah di atas, sehingga kodenya akan menjadi seperti ini:

    <a expr:href='data:backlink.url'><data:backlink.title/></a> 


    7. Simpan template.

    Selamat anda sudah selesai merubah/membuat blog anda menjadi dofollow. Saya tekankan tidak semua blog dofollow memiliki komentar banyak, terkecuali bagi mereka yang blognya bertraffic tinggi, rajin blogwalking (promosi), ataupun yang memiliki pengunjung setia. Dan tidak mesti juga blog nofollowmemiliki komentar sedikit, semua itu tergantung dari blogwalking tadi (berkomentar), kualitas artikel, dan traffic yang lumayan tinggi juga.



    Sumber: kilkdisini

    2 komentar:

    linkfree mengatakan...

    :d: thnks gan,,sekrg saya sudah bisa mengubah blog saya menjadi dofollow

    welcome to my blog mengatakan...

    sama2 gan,,,

    Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

    :a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:

    Posting Komentar

    Silahkan komentar dengan isi artikel yang terkait, No Spam!!

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...