Goa Selomangleng

Jumat, 12 Agustus 2011



Siapa yang tidak tahu GOA SELOMANGLENG bagi masyarakat kediri khususnya, Merupakan salah satu obyek wisata kebanggaan kota kediri, goa selomangleng terletak di sebelah utara kota kediri apalagi bagi pengunjung telah tersedia akses jalan yang mulus angkutan umum.
Dinamakan selomangleng di karenakan keberadaannya di lereng bukit ( bahasa jawa, selo: batu,  magleng miring ) kira-kira 40 meter dr tanah terendah dan gua ini terbentuk dr batu andesit hitam yang berukuran sangat rumayan besar.klw agan2 datang kesana pasti tidak rugi, apa lagi untuk refersing keluarga pasti seru dah.


SEJARAH


Saya akan cerita sedikit tentang Goa Selomangleng ini, ada beredar cerita dulu goa selomangleng pernah di gunakan oleh Dewi kilisuci untuk pertapaan  Dewi Kilisuci adalah putri mahkota Raja Erlangga yang menolak menerima tahta kerajaan yang diwariskan kepadanya, dan lebih memilih menjauhkan diri dari kehidupan dunia dengan cara melakukan tapabrata di Gua Selomangleng.

Terlepas dari gelap dan pengapnya suasana dalam gua, objek wisata Gua Selomangleng patut dikunjungi saat anda berada di Kediri. Tak jauh dari lokasi gua ini juga terdapat museum Airlangga yang merupakan museum purbakala yang bisa dikunjungi dan banyak sekali menyimpan benda-benda arkeologi berupa patung/arca. Dan sekarang, Goa Selomangleng diberi fasilitas lain seperti kolam renang dengan aneka wahananya dan juga arena bermain anak.
Selain mengunjungi goa pengunjung juga dapat "sedikit" olahraga dengan naik ke Gunung Maskumambang yang hijau dan asri serta banyak terdapat ayam hutan yang berada di samping Museum Airlangga. Untuk naik gunung, pengunjung tidak berlu bersusah - susah karena telah dibangun tangga untuk naik ke atas.
Atau pengunjung yang ingin mencoba tantangan dapat naik ke atas Gunung Klothok yang dipuncaknya terdapat sumber mata air yang bernama 'Elo'. Selain berwisata sejarah, pengunjung dapat berwisata outbound, jadi badan bisa sehat dan wawasan akan sejarahpun bertambah.


Mungkin hanya itu saja dr saya klw agan2 mau menambahkan silahkan komentar di bawah terima kasih,,,



0 komentar:

Pasang emoticon dibawah ini dengan mencantumkan kode di samping kanan gambar.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan isi artikel yang terkait, No Spam!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...